Monday, November 20, 2017

Berkreasi dengan Stik Es Krim dan Kain Perca

Salah satu cara untuk menjadi bahagia adalah melakukan hal-hal positif yang kita sukai. Makanya sudah selayaknya kita menyempatkan waktu untuk melakukan hal yang bikin kita bahagia. Tinggal disesuaikan dengan waktu dan tenaga yang kita punya. Ada yang sekedar ngopi di sudut rumah tanpa gangguan sudah cukup merasa bahagia, ada juga yang punya hobi masak nguprek di dapur bikin bahagia, ada juga yang hobi menjahit bikin pernak-pernik kreatif, travelling, bersepeda keliling kota, jogging di dekat rumah, nonton drakor,  ada juga yang belanja ngemall bikin bahagia... hehe yang terakhir ini tidak direkomendasikan ya...

Intinya ketika diri sudah merasa bosan, jenuh dengan rutinitas, capek mengurus rumah, ngurus kerjaan, lelah dengan anak-anak... it's time to take a break for a while...

Nah salah satunya adalah crafting.  Ini merupakan cara saya buat take a break sejenak dari rutinitas. Secara di kota Madiun sekarang banyak stationary yang lengkap menyediakan bahan-bahan crafting. Jadi one stop shopping lah, nggak perlu wira-wiri ke beberapa toko buat sekedar cari pelengkap bahan kerajinan. Berbagai jenis kertas tinggal pilih, kuas dengan berbagai ukuran, macam-macam merk cat, sampai aneka jenis lem uda tersedia. 

Nah, di bawah ini foto beberapa hasil kreasi wadah dari stik es krim yang bisa juga anda coba.





wadah serbaguna dari stik es
Buat anda yang punya hobi serupa, atau lagi nyari ide buat tugas kerajinan sekolah si kecil, mungkin ini bisa menjadi inspirasi.

Wadah serbaguna dari stik es krim

Bahan –bahan :

  • Stik es
  • Lem fox/ lem kayu
  • Kaleng/karton untuk rangka
  • Pita/ aneka hiasan untuk mempercantik wadah

Cara pembuatan :
  • Siapkan dulu rangka wadah yang akan kita tempel stik es. Bisa kaleng bekas permen f*x, atau kaleng bekas susu yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Kalau ingin wadah bentuk kotak, buat dulu rangkanya dari karton atau kardus yang cukup tebal, ini akan memudahkan kita menempelkan stik, hasilnya juga akan lebih bagus  dan stabil (tidak goyang). Bisa juga menggunakan kardus bekas lampu ph*l*p.
  • Kalau rangka sudah siap, bagian luarnya olesi dengan lem fox secara merata, biarkan setengah kering lalu segera tempelkan stik satu persatu dengan rapi.
  • Setelah semua bagian rangka tertutupi stik es, sebagai finishingnya, kita bisa mempercantik wadah dengan menempelkan hiasan sesuai selera.
  • –done— 
wadah serbaguna : tempat kosmetik dari stik es
wadah serbaguna : tempat alat-alat tulis dari stik es

Selain stik es krim, kain perca juga bisa digunakan. Caranya secara umum hampir sama dengan langkah-langkah membuat wadah dari stik es krim. Kita cukup menyiapkan rangkanya dulu, olesi dengan lem, tempelkan kain dengan rapi. Tambahkan hiasan sesuai selera. Selesai. 

wadah serbaguna dari perca

wadah serbaguna dari perca

Pelajaran yang dapat diambil :

Yang menarik, berdasarkan pengalaman pribadi, menekuni hobi positif apapun itu, ternyata menghasilkan efek meditatif yang menenangkan. Pikiran dan perasaan kita benar-benar terfokus pada apa yang ada di hadapan kita. ketika seseorang sedang benar-benar terfokus pada yang dikerjakannya “ruang dan waktu seolah terhenti”. 

Kita meletakkan seluruh fisik dan pikiran pada “saat ini”. Sebuah kondisi yang sangat susah mengingat begitu banyaknya pikiran yang selalu melintas di kepala bahkan ketika kita sedang memejamkan mata. Hasilnya, tubuh jadi lebih sehat, pikiran lebih tenang, kadar stress menurun, hormon kebahagiaan meningkat.

Jadi sesibuk apapun kita, usahakan untuk tetap bisa meluangkan waktu buat hal kesukaan ya. Dan jangan sampai hobi malah bikin stress.  

Kiranya cukup dulu postingan untuk kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

No comments:

Post a Comment